• 5 Ragam Peluang Usaha Kuliner Ikan

    5 Ragam Peluang Usaha Kuliner Ikan

     Sedang bingung mau memulai usaha kuliner? Ada banyak ragam peluang usaha kuliner yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah peluang usaha kuliner ikan. 

    Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang banyak diminati oleh orang Indonesia. Ini didukung juga dengan lokasi Indonesia dengan adanya banyak lautan. Sehingga kebutuhan pangan akan ikan tercukupi. 

    Yuk, simak ulasan kami tentang 5 ragam peluang usaha kuliner ikan yang layak kamu coba untuk segera memulai bisnis kuliner ikan.

     

     1. Peluang Usaha Ikan Asap

    Ikan merupakan bahan pangan yang mudah rusak. Salah satu cara pengolahan yang bisa membuat daya simpan` ikan lama dan menambah cita rasanya adalah dengan cara pengasapan. 

     

    Persaingan usaha ikan asap ini minim persaingan karena pada umumnya masyarakat justru memilih membeli langsung dari pada membuatnya. Ikan yang dapat dipergunakan adalah ikan laut maupun ikan air tawar. 

     

    Ikan laut yang banyak digemari oleh masyarakat adalah ikan tuna, marlin, pari, cakalang dan layaran. Sedangkan untuk ikan air tawar yang banyak digemari adalah ikan lele dan ikan patin.

     

     2. Peluang Usaha Ikan Asin

    Kamu suka dengan ikan asin? Mungkin terdengar kampungan ya. Tapi jika jeli, kamu bisa membuka peluang usaha penjualan ikan asin. 

     

    Usaha ini adalah usaha yang menjanjikan. Meskipun terdapat kendala dalam menjalankan usaha ini seperti adanya hujan. Karena pada musim hujan tidak bisa dijemur dan tidak kering, sehingga tidak dapat dijual.

     

    Ikan yang dapat dipergunakan ada 3 macam berdasarkan ukurannya yaitu ikan ukuran besar seperti tenggiri dan kakap. Untuk ikan ukuran sedang yang biasa diolah adalah ikan kembung dan untuk ikan berukuran kecil adalah teri.

     

     3. Peluang Usaha Ikan Bakar

    Seperti yang kamu ketahui, salah satu usaha yang tidak mengenal musim anti krisis adalah usaha di bidang kuliner. Salah satu yang bisa kamu tekuni adalah usaha ikan bakar. Peluang bisnis ikan bakar ini terbilang cukup menjanjikan, mengingat tak sedikit orang gemar menyantap olahan ikan bakar. 

     

    Begitu banyak variasi menu ikan bakar nusantara dengan citarasa khasnya, ditambah dengan aneka cocolan sambal yang cukup bervariasi pula. Selain ikan bakar, kamu bisa mempertimbangkan menu yang lain seperti ikan goreng tepung atau yang lainnya. Jangan lupa varian minuman dalam menu untuk menarik pelanggan.

     

    4. Peluang Usaha Ikan Balita

    Mungkin ada yang belum tahu tentang ikan balita. Ikan balita atau biasa yang disebut dengan baby fish merupakan sebutan bagi anakan ikan air tawar seperti ikan mas, nila dan ikan bayi lainnya. Untuk bayi ikan mas biasanya dipanen saat usia 30 - 45 hari dan sudah mencapai ukuran 5 - 7 cm. 

     

    Olahan ikan balita ini biasanya dijadikan keripik ikan atau lebih mudahnya langsung digoreng. Ukuran ikan yang masih kecil akan terasa sangat renyah jika dimakan. Mak kriuk… Kres... kres…

     

     5. Peluang Usaha Ikan Bandeng Presto

    Tentunya kamu kenal kan dengan olahan ikan bandeng? Jenis ikan air tawar ini memiliki rasa daging yang sangat lezat. Olahan andalan dari ikan bandeng ini adalah dipresto. 

     

    Cara pengolahannya dapat dimasak dengan cara menggunakan uap air yang dapat dipanaskan. Uap yang dihasilkan dari air panas ini mempunyai energi panas dengan menjadikan proses memasaknya tampil berbeda dengan cara mengkukus. 

     

    Bumbu yang digunakan juga sangat sederhana seperti bawang putih, kunyit dan garam. Namun, kamu juga perlu berinovasi jika ingin usaha ikan bandeng presto menjadi lebih besar lagi. 

     

    Demikianlah tadi diantaranya 5 ragam peluang usaha kuliner ikan. Semoga dapat menjadi referensi dan menginpirasi, khususnya bagi anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis kuliner dari jenis ikan. Salam sukses selalu untuk anda semua!


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :